Musi Online | Demokrat dan PKS Rebut Kursi Terakhir, NasDem Optimis Samantha dan Yaser ke Senayan
Home        Berita        Seputar Musi

Demokrat dan PKS Rebut Kursi Terakhir, NasDem Optimis Samantha dan Yaser ke Senayan

Musi Online
https://musionline.co.id 07 March 2024 @10:51 168 x dibaca
Demokrat dan PKS Rebut Kursi Terakhir, NasDem Optimis Samantha dan Yaser ke Senayan

Musionline.co.id, Palembang - Semakin hari prediksi calon legislatif (Caleg) asal Provinsi  Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan melenggang dan duduk di Senayan makin jelas. 

Dari data yang beredar, di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel 1, Partai Golkar meraih total suara 455.746 disusul NasDem 396.024, Gerindra 284.517, PDI Perjuangan 215.684, PKB 193.858, PKS 145.768, dan Demokrat 136.662 suara.


Dengan menggunakan metode hitung Sainte Lague, maka Golkar akan meraih kursi satu dan enam dari delapan kursi DPR RI di Dapil Sumsel 1. Caleg berpotensi masuk yakni Kahar Muzakir dan Yudha Novanza Utama. Kursi kedua diraih Fauzi H Amro dari NasDem, kursi ketiga Kartika Sandra Desi dari Gerindra. Kemudian kursi keempat didapat Yulian Gunhar dari PDI Perjuangan, kelima SN Prana Putra Sohe dari PKB, dan ketujuh diraih M Iqbal Romzi dari PKS. Sementara itu, sisa kursi kedelapan sepertinya bakal didapat Ishak Mekki dari Partai Demokrat.

 

Sayang, M Yaser dari Partai NasDem yang meraih 132.008 suara, terpaut kalah tipis dari perolehan suara Partai Demokrat menyebabkan bakal berpotensi kandas melenggang ke Senayan.


Sementara itu di Dapil Sumsel 2, Gerindra meraih 443.216 suara, NasDem 407.190, Golkar 379.564, Demokrat 336.924, PDI Perjuangan 247.914, PKB 239.883, PAN 200.473, dan PKS 138.647 suara.


Dengan perhitungan menggunakan metode Sainte Lague, maka kursi kesatu dan kedelapan berpotensi diraih Gerindra dengan Caleg AW Noviadi dan Sri Meliyana. Lantas kursi kedua Irma Suryani dari NasDem, ketiga Wahyu Sanjaya dari Demokrat, keempat Dewi Yustisiana dari Golkar, kelima Giri Rmanda N Kiemas dari PDI Perjuangan, keenam Bertu Merlas dari PKB, kursi ketujuh Iskandar dari PAN, dan kursi kedelapan Askweni dari PKS.

 

Giri mengucapkan syukur Alhamdulillah lantaran dirinya bersama Partai PDI Perjuangan bisa meraih kursi kelima dari Dapil Sumsel 2. Menurutnya, dari data formulir DB 1 rekapitulasi pleno Kabupaten, PDI Perjuangan meraih kursi kelima DPR RI dari Dapil Sumsel 2.


Sementara Askweni mengungkapkan, keberhasilan PKS mendapatkan kursi terakhir atau kedelapan DPR RI dari Dapil Sumsel 2 berdasarkan tabulasi suara dari seluruh Kabupaten yang masuk dalam Dapil Sumsel 2.


Menurutnya, PKS di Dapil Sumsel 2 mendapatkan suara 137.522, dan meraih kursi terakhir. Namun diakui, perolehan suara itu selisih tipis dengan porsi kedua NasDem atas nama Caleg Samantha Tivani. Tapi, dirinya merasa yakin lantaran berdasarkan data yang sudah diplenokan KPU Kabupaten/Kota di Dapil Sumsel 2.


Ditegaskan, PKS tidak menggunakan hasil tabulasi internal partai, namun menggunakan hasil resmi yang telah ditetapkan di Kecamatan dan Kabupaten/Kota. Dengan menggunakan hasil pleno KPU, dirinya memastikan PKS bisa mendapatkan kursi secara sah.


Sekretaris DPW Partai NasDem Sumsel Syamsul Bahri menegaskan, pihaknya masih optimis NasDem bisa meraih empat kursi DPR RI. Yaitu dua kursi dari Dapil Sumsel 1 atas nama Fauzi H Amro dan M Yaser, dan Dapil Sumsel 2 atas nama Irma Suryani dan Samantha Tivani.


Dikatakan, pihaknya mempunyai hitungan sendiri, dan rekapitulasi masih berjalan. Pihaknya masih menunggu hasil pleno KPU RI untuk siapa saja yang mendapatkan kursi DPR RI, dan melenggang ke Senayan. (***)








Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top