Musi Online | Gubernur HD Tinjau Banjir OKU, Jembatan Putus Segera Diperbaiki
Home        Berita        Seputar Musi

Gubernur HD Tinjau Banjir OKU, Jembatan Putus Segera Diperbaiki

Musi Online
https://musionline.co.id 20 October 2021 @09:26 188 x dibaca
Gubernur HD Tinjau Banjir OKU, Jembatan Putus Segera Diperbaiki
Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD) saat meninjau bencana banjir dan jembatan putus di Kabupaten OKU, Selasa (19/10/2021).

Musionline.co.id, OKU - Mendapatkan laporan luapan sungai Ogan menyebabkan banjir di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dan merusak beberapa jembatan gantung di Kecamatan Muara Jaya. Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru (HD) langsung meninjau lokasi, Selasa (19/10/2021).

HD ingin melihat secara langsung kondisi lapangan dan memastikan keadaan masyarakat terdampak banjir di lokasi kejadian.

Datang tidak sendiri, HD bersama prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan tujuan membantu masyarakat untuk perbaiki jembatan yang rusak. Tidak hanya itu, HD pun memberikan bantuan sembako untuk masyarakat terdampak.

Dari data diterima, sedikitnya ada 228 rumah terdiri dari 320 Kepala Keluarga (KK) terdampak bencana banjir. Tersebar di tiga desa dalam Kecamatan Muara Jaya, yakni Desak Lubuk Tupak, Desa Muara Saeh dan Desa Lontar. Satu lagi adalah Desa Gunung Meraksa di Kecamatan Pengandonan.

Gubernur HD mengatakan, musibah ini hendaklah dijadikan pelajaran. Daerah Aliran Sungai (DAS) harus dijaga, termasuk menjaga tumbuhan seperti pohon di sekitarnya.

"Kelestarian pohon di daerah aliran sungai untuk meminimalisir luapan air jika terjadi gelombang tinggi. Pohon dialiran sungai ini untuk menjaga resapan air. Jika sewaktu-waktu ada gelombang tinggi, pohon-pohon ini jadi penahannya,” ujarnya.

Sementara terdapat empat unit jembatan gantung yang putus di tiga kecamatan meliputi Kecamatan Muara Jaya, Pengandonan dan Semidang Aji akibat sapuan banjir yang terjadi dua hari lalu. Gubernur berjanji akan segera melakukan perbaikan terhadap fasilitas umum yang rusak tersebut.

"Jembatan yang rusak akan kita bangun kembali dibantu oleh personel TNI," tegas HD. (***)



Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top