Musi Online | Terompah Panjang Jalin Kekompakan dan Kerjasama
Home        Berita        Seputar Musi,Ruang Seni Budaya

Terompah Panjang Jalin Kekompakan dan Kerjasama

Musi Online
https://musionline.co.id 29 March 2022 @07:42 5995 x dibaca
Terompah Panjang Jalin Kekompakan dan Kerjasama

*Menuju Fornas VI Sumsel Juli 2022

 

"Kiri...Kanan...Kiri...Kanan, kata kunci yang selalu diteriakkan untuk mengatur langkah, bekerjasama dalam kekompakan sebuah terompah panjang"

 

Musionline.co.id - Setiap daerah memiliki kebudayaan dan kaya akan permainan tradisional. Selain sebagai konsep bermain bagi anak-anak, permainan tradisional kerap kali dijadikan sebagai sarana olahraga.

Salah satu permainan tradisional yang sering dijadikan sebagai olahraga dan kerap dijumpai saat acara kemerdekaan adalah terompah panjang atau bakiak.

Terompah panjang adalah permainan olahraga tradisional, menggunakan kayu panjang dengan ukuran tertentu sebagai alat mengadu kecepatan dengan menempuh jarak yang ditentukan.

Biasanya, permainan ini dilakukan oleh tiga orang atau lebih menggunakan sepasang terompah. Panjang terompah disesuaikan dengan jumlah orang yang akan menggunakannya.

Umumnya, lebar kayu 10 cm dengan ketebalan 2,5 cm, sementara pengait untuk kaki terbuat dari bahan karet (karet ban) dengan lebar 7 cm dan panjang disesuaikan dengan lebar kaki.

Permainan tradisional terompah panjang ini, dimainkan di lapangan, stadion dan tanah dataran. Intinya, kondisi lapangan yang digunakan datar dan luas.

Permainan terompah panjang ini akan dilombakan dalam gelaran Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI pada tanggal 1-7 Juli 2022 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Mengenang masa kecil sembari melihat kerjasama yang kompak dalam melangkah para peserta lomba dari seluruh Provinsi di Indonesia, datang ke Fornas VI dan rasakan kearifan budaya, keindahan alam serta keramahan masyarakat Sumsel. (***)



Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top