Musi Online | Lahan Terbakar di Ogan Ilir Seluas 3 Ha, Berhasil Dipadamkan Satgas Gabungan
Home        Berita        Seputar Musi

Lahan Terbakar di Ogan Ilir Seluas 3 Ha, Berhasil Dipadamkan Satgas Gabungan

Musi Online
https://musionline.co.id 13 October 2021 @10:52 208 x dibaca
Lahan Terbakar di Ogan Ilir Seluas 3 Ha, Berhasil Dipadamkan Satgas Gabungan
Upaya pemadaman lahan terbakar oleh satgas gabungan di Desa Palem Raya Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumsel, Rabu (13/10/2021). (foto : BPBD Kabupaten OI)

Musionline.co.id, Indralaya - Satuan Tugas (Satgas) gabungan berhasil memadamkan titik api seluas tiga hektar di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Satgas yang terdiri dari unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, TNI, Polri dan masyarakat bekerja sama untuk mengendalikan titik api.

Lokasi area terbakar terletak di Desa Palem Raya, Kecamatan Indralaya Utara. BPBD Kabupaten OI melaporkan, kebakaran lahan ini terjadi pada hari Selasa (12/10/2021). Berdasarkan kondisi di lapangan, kejadian ini salah satunya dipicu hujan yang belum turun dalam periode 10 hari terakhir.

"Untuk OI hampir setiap hari dalam satu pekan ini ada peningkatan kejadian karhutla, sebab kurang lebih sudah 10 hari tanpa hujan," ujar Yudha staff BPBD Kabupaten OI melalui pesan singkat, Rabu (13/10/2021).

Yudha menambahkan, pihaknya telah menerjunkan tim untuk melakukan assesmen dan melakukan koordinasi untuk melakukan pemadaman lahan yang terbakar.

BPBD OI melaporkan, berdasarkan laporan satgas udara, hingga hari ini, bahwa titik api di Desa Palem Raya berhasil dipadamkan. Upaya pemadaman ini juga menggunakan jet shutter, spray nozzle dan Helikopter BNPB melalui Water Boombing. Para petugas memanfaatkan sumber air dari kanal untuk pemadaman karhutla. Satgas darat segera melakukan pendinginan atau mopping up setelah pemadaman pada area terbakar.

Kendala yang dihadapi di lapangan yaitu lokasi yang sulit dijangkau karena terdapat rawa-rawa yang harus diseberangi, serta arah angin yang sering berubah-ubah.

Pagi ini, satgas gabungan juga melakukan pengecekan lapangan dan pembasahan di sekitar titik api guna meminimalkan munculnya titik api dari lahan yang sudah padam.

"Untuk hari ini kita lakukan patroli darat maupun informasi dari patroli udara,  jika terjadi karhutla," ujar Yudha.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari PhD menjelaskan,  BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD terkait upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi karhutla.

BNPB mengimbau untuk melakukan patroli secara berkala di daerah rawan karhutla serta selalu menekankan untuk langkah-langkah pencegahan dini sebelum titik api meluas, khususnya di lahan-lahan gambut. (***)



Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top