Musi Online | 52.228 Tiket untuk Pemudik Disiapkan KAI Divre III
Home        Berita        Seputar Musi

52.228 Tiket untuk Pemudik Disiapkan KAI Divre III

Musi Online
https://musionline.co.id 19 April 2022 @10:00 139 x dibaca
52.228 Tiket untuk Pemudik Disiapkan KAI Divre III
(foto : Ilustrasi)

Musionline.co.id, Palembang – Semakin mendekati hari raya Idul Fitri 1443 H atau dipertengahan bulan Ramadhan, masyarakat mulai berencana untuk mudik lebaran. Tentunya, mudik kali ini akan lebih berarti, setelah dua tahun masa pandemi Covid-19 masyarakat dilarang mudik. Tahun ini, pemerintah membolehkan masyarakat mudik dengan menaati protokol kesehatan.

Kabag Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, menyambut lebaran Idul Fitri 1443 H, pihaknya menetapkan masa angkutan lebaran H-10 dan H+11 atau dari tanggal 22 April hingga 13 Mei 2022.

Pada periode angkutan lebaran itu, Divre III mengoperasikan Kereta Api (KA) Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang (PP) dan KA komersil Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) setiap harinya.

Sebelumnya KA Sindang Marga hanya beroperasi pada hari Jumat dan Ahad, namun untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat bertransportasi selama angkutan lebaran KA Sindang Marga berjalan setiap hari.

Menurutnya, selama masa angkutan lebaran 2022, KAI Divre III secara total menyiapkan 52.228 tempat duduk, dengan jumlah setiap harinya sebanyak 2.374 tempat duduk.

Dilanjutkan, saat ini sudah terjual sebanyak 18.656 atau sekitar 36 persen dari ketersediaan tempat duduk selama masa angkutan lebaran. Tanggal keberangkatan yang banyak dipilih yaitu tanggal 27 April–1 Mei 2022, namun untuk keberangkatan H-3 atau tanggal 29 April 2022, penjualan tiket sudah mencapai 100 persen terutama untuk KA ekonomi.

Angka penjualan tiket tersebut akan bertambah mengingat saat ini masih di pertengahan bulan Ramadhan. Pemesanan tiket 24 jam melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai mini market dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.

Ditambahkannya, persyaratan perjalanan selama masa angkutan lebaran, KAI menerapkan aturan sesuai SE Kemenhub N0 39/2022 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan dalam negeri dengan transportasi perkeretaapian pada masa pandemi Covid-19 tanggal 4 April.

“Aturannya adalah jika pemudik sudah divaksin ketiga (booster), tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19. Jika baru vaksin kedua, wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam. Kemudian vaksin pertama, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam. Bagi pemudik atau calon penumpang yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis, wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam,” jelasnya, Senin (18/4/2022).

Untuk  meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam perjalanan KA pada masa arus mudik dan arus mudik, KAI Divre III menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) di sejumlah titik yang rawan akan bencana longsor /amblas dan banjir. Selain itu, pihaknya menempatkan petugas tambahan pemeriksa jalan rel ekstra, dan petugas flying gang (regu terbang/siaga), kesiapan SDM dan sarana juga menjadi perhatian KAI.

Guna memberikan rasa nyaman dan aman dari titik awal stasiun keberangkatan sampai stasiun tujuan akhir penumpang, Polsuska, Security PT KAI dan tenaga keamanan eksternal (TNI/Polri) siaga untuk mengamankan dan memberikan rasa nyaman bagi penumpang yang akan mudik pada masa angkutan Lebaran 2022. (***)



Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top