Musi Online | PERAN ORANGTUA DALAM PEMBINAAN ANAK UNTUK MENGURANGI TINGKAT KENAKALAN REMAJA
Home        Berita        Ruang Seni Budaya

PERAN ORANGTUA DALAM PEMBINAAN ANAK UNTUK MENGURANGI TINGKAT KENAKALAN REMAJA

Musi Online
https://musionline.co.id 07 April 2023 @06:59 129 x dibaca
PERAN ORANGTUA DALAM PEMBINAAN ANAK UNTUK MENGURANGI TINGKAT KENAKALAN REMAJA

Penulis: Pasma Nababan 

(Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi)

 
ORANGTUA merupakan orang yang sangat berperan penting dalam mendidik karakter anak. Peran dan keterrlibatan orangtua dalam mendidik anak merupakan kunci keberhasilan  pada orangtua. Ketika orangtua aktif dalam membimbing dan memperhatikan anak, anak anak akan semakin disiplin dan terarah. Peran orangtua sangat dibutuhkan dalam pembinaan anak karena sebagian besar waktunya dihabiskan dalam lingkungan keluarga apalagi anak usia sekolah dasar terutama peran seorang ibu sangat penting namun peran ayah tetap diperlukan.
 
Dalam meningkatkan generasi yang berkualitas, pembangunan pendidikan yang tinggi mutu pendidikan nya sangat diperlukan. Tidak ada seorang anak pun yang tidak layak mendapatkan pendidkan karena setiap anak memerlukan pendidkan untuk meningkatkan generasi yang berkualitas.
 
Mengajarkan anak untuk beribadah adalah salah satu peranan yang sangat penting untuk diajarkan kepada anak pertama kali. Karena pada dasarnya pendidikan moral merupakan sebuah hal yang paling dasar diajarkan kepada anak. Moral merupakan modal untuk langkah awal dan bekal utama bagi anak untuk mendapat pendidikan dilingkungan luar.
 
Orang tua sebagai fasilitator pendidikan pertama bagi anak memiliki peran penting dalam proses perkembangan anak. Jika orang tua mendidik anak secara keras maka akan menghasilkan anak yang di masa dewasanya juga akan menjadi pribadi yang keras. Sebaliknya, jika orang tua mendidk anak secara lembut dan penuh perhatian maka saat dewasa anak itu akan menjadi pribadi yang lembut pula.
 
Namun dewasa ini marak kasus adanya orang tua yang tega menelantarkan anaknya begitu saja. Orang tua zaman sekarang banyak yang hanya fokus pada pekerjaan masing-masing, atau bahkan malah sibuk dengan gawai saat dirumah. Di beberapa kondisi ada pula orang tua yang menyewa baby sitter untuk mengurus anaknya karena terlalu sibuk. Hal ini pula yang menjadi penyebab anak kekurangan kasih sayang.
 
Anak-anak yang kekurangan kasih sayang ini kemudian banyak yang melampiaskannya dengan menjadi anak-anak yang liar. Dapat kita lihat beberapa kasusnya seperti di kota jambi, masih banyak dijumpai anak-anak dibawah umur yang terlibat aksi geng motor.Beberapa diantaranya bahkan adalah siswa sekolah menengah yang berasal dari kalangan orang yang bisa dikatakan mampu. 
 
Ini menjadi sebuah indikator bahwa masih rendahnya tingkat kesadaran orang tua untuk mendidik anak lebih baik lagi. Sekaligus menjadi bukti bahwa perhatian dan kasih sayang orang tua memegang peran penting bagi masa depan anak dan mengurangi tingkat kenakalan remaja yang diakibatkan kurangnya perhatian orang tua.



Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top