Musi Online | Tarik...Jatuhkan Lawan Hingga ke Garis Kalah
Home        Berita        Seputar Musi,Ruang Seni Budaya

Tarik...Jatuhkan Lawan Hingga ke Garis Kalah

Musi Online
https://musionline.co.id 30 March 2022 @08:40 368 x dibaca
Tarik...Jatuhkan Lawan Hingga ke Garis Kalah

*Menuju Fornas VI Sumsel Juli 2022

Musionline.co.id - Permainan tradisional masyarakat Indonesia ini, biasanya sering kita jumpai saat-saat  moment tertentu speeti memperingati hari kemerdekaan dan biasa dimainkan para remaja dan orang dewasa.

Sebuah tali tambang yang telah disiapkan, kemudian ditarik dari arah kiri dan kanan oleh peserta beregu terdiri dari dua tim. Ya...kita biasa menyebut dan mengenalnya dengan permainan Tarik Tambang.

Permainan ini hanya memerlukan sebuah tali tambang yang terbuat dari serat. Panjang tali tambang sekitar 30 meter hingga 50 meter. Bagian tengah dari tali diberi tanda dengan kain atau cat berwarna, sementara pembatas tiap tim pada tali diberi jarak 2,5 meter dari batas tengah.

Tarik tambang biasa dilakukan di lapangan terbuka berbentuk persegi panjang. Untuk panjang lapangan antara 20 sampai 40 meter dan lebar lima hinga delapan meter.

Manfaat utama dalam permainan tarik tambang, dapat dilihat dari segi sosial dan kesehatan para pemainnya.

Secara sosial, tarik tambang dapat melatih kekompakan dan kerja sama setiap anggota dalam sebuah regu. Pun melatih kepemimpinan dan daya juang.

Segi kesehatannya, dengan memainkan permainan tarik tambang, kekuatan fisik dapat terlatih, meliputi otot tangan dan kaki para pemain. Ini dapat dilihat melalui kuda-kuda dan sikap pasang yang dilakukan sebelum permainan dimulai.

Permainan tarik tambang ini akan dilombakan dalam gelaran Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI pada tanggal 1-7 Juli 2022 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Mengenang masa kecil sembari melihat kerjasama yang kompak sebuah tim dalam mengatur nafas, menarik bersama untuk mengalahkan lawan, datang ke Fornas VI dan rasakan kearifan budaya, keindahan alam serta keramahan masyarakat Sumsel. (***)



Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top