Musi Online | Presiden : Kelola, Manfaatkan dan Realisasikan Dana Desa Sebaik Mungkin
Home        Berita        Nasional

Presiden : Kelola, Manfaatkan dan Realisasikan Dana Desa Sebaik Mungkin

Musi Online
https://musionline.co.id 30 March 2022 @08:35 247 x dibaca
Presiden : Kelola, Manfaatkan dan Realisasikan Dana Desa Sebaik Mungkin
Presiden Jokowi menghadiri silaturahmi nasional Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (Apdesi) tahun 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3/2022). (foto : BPMI Setpres/Kris)

Musionline.co.id, Jakarta - Hingga tahun 2022, pemerintah telah menyalurkan dana desa sebesar Rp468 triliun yang dimanfaatkan untuk berbagai pembangunan di desa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah desa untuk mengelola, memanfaatkan, serta merealisasikan dana desa sebaik mungkin sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi di desa dan secara keseluruhan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.
 
“Jangan dipikir ini uang kecil, ini uang besar sekali. Dalam sejarah negara ini berdiri, desa diberi anggaran sampai Rp468 triliun itu belum pernah. Oleh sebab itu, hati-hati dalam mengelola, me-manage uang yang sangat besar sekali ini,” ujar Presiden dalam acara Peresmian Pembukaan Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Tahun 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3/2022).
 
Presiden menyadari bahwa kerja keras pemerintah desa dalam pembangunan desa sudah terlihat secara konkret. 
 
Menurutnya, dana desa telah dimanfaatkan untuk pembangunan berbagai fasilitas untuk masyarakat seperti jalan desa, embung, saluran irigasi, jembatan, dan infrastruktur lainnya.
 
“Tadi sudah disampaikan oleh Pak Mendagri, Pak Tito, jadi jalan desa berapa, jadi embung berapa, jadi irigasi berapa, jadi jembatan berapa semuanya jelas konkret fisik ada. Ini akan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di desa maupun nanti diagregatkan menjadi pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya lagi.
 
Jokowi menginstruksikan agar dana desa dapat dimanfaatkan untuk pembangunan jalan di desa, utamanya jalan produksi pertanian dan perkebunan, serta pembangunan yang berkaitan dengan kualitas hidup masyarakat di desa. 
 
Sampai saat ini telah terbangun 227 ribu kilometer jalan desa yang dibiayai dari dana desa.
 
“Masih ada banyak jalan-jalan di desa yang memang perlu dibangun dan diperbaiki. Utamakan jalan-jalan produksi yang menuju ke sawah, ke kebun itu yang didahulukan,” tegasnya.
 
Presiden menjelaskan, pemanfaatan dana desa yang baik akan berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat dan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi desa.
 
Jokowi mengingatkan, pembangunan desa harus menggunakan material dari daerah tersebut agar transaksi ekonomi terus berputar di desa.
 
“Itulah yang akan menghidupi masyarakat kita, masyarakat desa, dan pada akhirnya nanti akan menurunkan angka kemiskinan di desa. Ini sudah kelihatan, coba dilihat kurvanya, sudah turun, turun, turun, turun terus, turun terus,” katanya.
 
Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi, serta Ketua Apdesi Surta Wijaya.(***/BPMI Setpres)



Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top