Musi Online | Presiden Jokowi : Jaga Kebhinekaan Adat dan Tradisi sebagai Kekuatan Bangsa
Home        Berita        Ruang Seni Budaya,Nasional

Presiden Jokowi : Jaga Kebhinekaan Adat dan Tradisi sebagai Kekuatan Bangsa

Musi Online
https://musionline.co.id 28 September 2022 @19:06 188 x dibaca
Presiden Jokowi : Jaga Kebhinekaan Adat dan Tradisi sebagai Kekuatan Bangsa
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan kepada awak media usai dianugerahi gelar adat Kesultanan Ternate di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Rabu (28/9/2022). (Foto : BPMI Setpres/Rusman)

Musionline.co.id, Ternate - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima anugerah gelar adat Dada Madopo Malomo dari Kesultanan Ternate di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Rabu (28/9/2022).

Menurut Presiden, penganugerahan gelar adat ini merupakan bagian dari tradisi dan kearifan lokal yang harus dilestarikan.

“Pagi hari ini, saya mendapatkan gelar dari Kesultanan Ternate, dari Bapak Sultan Hidayatullah Sjah, Sultan Ternate yang ke-49 dengan gelar Dada Madopo Malomo. Nanti artinya seperti apa, tanyakan langsung ke Bapak Sultan. Tapi ini adat, tradisi, kearifan lokal memang harus terus kita jaga dan terus kita rawat,” ujar Presiden dalam keterangannya selepas acara.

Presiden juga mengapresiasi Kesultanan Ternate dalam upayanya menjaga dan merawat adat, tradisi, serta kearifan lokal yang ada di wilayah Ternate.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh Kesultanan Ternate, menjaga, merawat adat, tradisi, kearifan lokal, sehingga inilah yang sering saya sampaikan, berkepribadian dalam kebudayaan,” ujarnya.

Presiden melanjutkan, bahwa menjaga adat dan tradisi merupakan hal penting untuk dilakukan karena Indonesia merupakan negara besar. Keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia merupakan sebuah kekuatan bangsa.

“Inilah kebhinekaan negara kita yang terus harus kita rawat dan kita jaga sebagai sebuah kekuatan. Perbedaan itu bukan memecah, tapi mempersatukan,” tegas Presiden. (***/BPMI Setpres)



Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top