Musi Online | Herman Deru Komitmen Bangun Ketahanan Pangan Sumsel Tetap Terjaga
Home        Berita        Sumsel Maju

Herman Deru Komitmen Bangun Ketahanan Pangan Sumsel Tetap Terjaga

Musi Online
https://musionline.co.id 08 September 2021 @22:01 300 x dibaca
Herman Deru Komitmen Bangun Ketahanan Pangan Sumsel Tetap Terjaga
Gubernur Sumsel H. Herman Deru

Musionline.co.id, Palembang -- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan  terus  berupaya  meningkatkan produksi pangan dengan memaksimalkan pemanfaatan lahan sawah tak terkecuali di Kabupaten Banyuasin yang saat ini tengah konsen dalam menggalakan penanaman padi jenis IP 100. Suksesnya sektor pertanian diyakini akan membawa efek positif dalam mendongkarak pendapatan petani.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru di sela-sela panen raya padi IP 100 di desa Rantau Bayur Banyuasin, Rabu (8/9)  siang menegaskan, untuk meningkatkan produksi pangan dibutuhkan komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat petani termasuk juga stakeholder lainnya. 
 
Kalangan petani diharapkannya untuk tetap semangat dengan produktifitasnya, menggunakan benih unggul serta harus pandai dalam pengaturan pola tanam yang baik. Terlebih Rantau Bayur memiliki lahan sawahan yang sangat luas yang jika dimanfaatkan dengan maksimal tentu akan berefek pada meningkatnya produksi gabah dan beras.
 
“Yang tidak kalah pentingnya adalah pemanfaatan teknologi pertanian yang menyesuaikan kondisi lahan. Termasuk dalam penggunaan benih varietas unggul dan sistem tata kelola air juga harus lebih baik,” harapnya.
 
Terkait dengan panen raya padi IP 100 di Rantau Bayur kali ini Herman Deru secara khusus berharap ke depannya daerah ini mengembangkan varietas lainnya tidak saja terbatas pada IP 100 namun juga dapat ditanam IP 200.  
 
Untuk itu dia mengajak semua stakeholders untuk lebih konsentrasi pada upaya peningkatan produksi pangan sehingga ketahanan pangan tetap terjaga dan Sumsel sebagai penyangga pangan nasional dapat terwujud secara  maksimal.
 
“Pemprov Sumsel bersama dengan kementerian, dan kabupaten/kota akan memberikan perhatian besar untuk urusan pangan ini. Bahkan ke depan akan diberikan stimulus berupa Rp 900 ribu per hektar untuk petani,” tandasnya.
 
Sementara Bupati Banyuasin Askolani Jasi mengatakan, daerah yang dipimpinnya itu merupakan salah satu daerah  yang memiliki potensi alam pertanian yang berlimpah. 
 
Bahkan dia mengklaim, tanaman padi atau komoditi lainnya akan tumbuh subur. Padi IP 100 ini contoh perhektarnya menghasilkan gabah 4,7 ton. Apalagi lahannya diolah sedemikian rupa tentu harusnya lebih meningkat lagi.
 
"Lahan pertanian di sini tetap subur meskipun tidak menggunakan pupuk. Ini sangat luar biasa, Ini perlu tangan-tangan dingin merubah mindset yang sama untuk panen dari sekali dalam setahun menjadi 2 kali setahun. Terima kasih pak Gubernur yang begitu perhatian pada petani Banyuasin yang dari tahun-ketahun sudah banyak menerima bantuan dari pak Gubernur,” tegasnya.
 
Panen Raya IP 100 ini dihadiri pula oleh Anggota DPRD Provinsi Sumsel M. Yaser, S.E, Camat Rantau Bayur Syaiful Anwar, S.Sos., M.Si., Kepala Desa Rantau Bayur Tanzirin, dan Gapoktani Bayur Berseri, Desa Rantau Bayur Bambang Irawan. (ril/hum)



Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top