Musi Online | Gempa M 6,7 Banten Dirasa di Jakarta, Lampung hingga Palembang
Home        Berita        Nasional

Gempa M 6,7 Banten Dirasa di Jakarta, Lampung hingga Palembang

Musi Online
https://musionline.co.id 14 January 2022 @19:18 444 x dibaca
Gempa M 6,7 Banten Dirasa di Jakarta, Lampung hingga Palembang
Kondisi rumah warga di Pandeglang, Banten pasca gempa bumi M 6,7, Jumat (14/1/2022) petang. (foto : Humas BNPB)

Musionline.co.id, Jakarta - Gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,7 mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banteng, Jumat (14/1/2022) pukul 16.05 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis pusat gempa bumi berada di 7.01 Lintang Selatan (LS) dan 105.26 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 40 kilometer.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari PhD mengatakan, laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, gempa bumi dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten. Warga sempat berhamburan keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan.

Sementara itu, laporan visual yang dihimpun dari lapangan, beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah.

Guncangan gempabumi juga dirasakan hingga wilayah Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. Beberapa warga maupun pegawai kantor sempat berhamburan keluar gedung untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi.

BPBD Kabupaten Cianjur juga melaporkan bahwa guncangan gempa bumi juga sempat dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya.

"Adapun BPBD Kabupaten Lampung Barat juga melaporkan hal yang sama, bahwa guncangan gempabumi dirasakan hingga 2-3 detik di wilayah Kabupaten Lampung Barat," ujarnya.

Menurutnya, hingga saat ini, BPBD Kabupaten Pandeglang, BPBD Provinsi DKI Jakarta, BPBD Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Lampung Barat tengah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa dan kerugian materiil masih dalam proses pendataan," ujarnya lagi.

Gempa yang terjadi Banten juga dirasakan di kota Palembang. Ratusan pegawai yang berkantor di gedung tinggi sempat keluar gedung merasakan gempa bumi tersebut.

Salah satunya terjadi di komplek perkantoran di jalan Kapten A Rivai Kota Palembang, mendadak pegawai bank berhamburan keluar gedung karena turut merasakan gempa bumi.

Petugas keamanan Bank Mandiri pun langsung berupaya mengevakuasi pegawai sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Semua orang juga  diarahkan petugas melewati tangga darurat yang ada pada gedung bank tersebut. (***)



Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top