Musi Online | Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Mengkonsumsi Minuman Herbal Setiap Pagi
Home        Berita        Ruang Seni Budaya

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Mengkonsumsi Minuman Herbal Setiap Pagi

Musi Online
https://musionline.co.id 01 April 2023 @13:41 177 x dibaca
Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Mengkonsumsi Minuman Herbal Setiap Pagi

Oleh: Ajeng Widya Mayasari

(Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi)
 
 
KESEHATAN merupakan sesuatu yang sangat berharga dan perlu dijaga dengan baik. Tubuh yang sehat merupakan idaman bagi semua orang karena dengan tubuh yang sehat kita bisa beraktivitas melakukan berbagai pekerjaan yang kita sukai. Sedangkan, tubuh yang sakit akan membuat aktivitas menjadi terbatas dan tidak bisa menikmati hidup dengan baik. 
 
Untuk itu, menjaga kesehatan tubuh sejak bangun pagi dapat menentukan kebiasaan kita. Jika mengawali pagi hari dengan kebiasaan yang sehat, maka selama seharian bisa dipenuhi energi positif dan manfaat yang didapat juga semakin besar apabila dilakukan secara rutin dan konsisten. Salah satu kebiasaan yang baik untuk mengawali hari yakni dengan menutrisi tubuh dengan makanan dan minuman yang tepat. Minum air putih setelah bangun tidur sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan, dikarenakan selama tidur tubuh mengalami dehidrasi. Saat tidur tubuh tidak mendapat asupan cairan apapun. 
 
Ada beberapa minuman herbal yang baik dikonsumsi pada pagi hari. Minuman herbal ini biasanya disebut sebagai minuman “Powerfull”, pasalnya ada banyak manfaat yang ditawarkan untuk kesehatan. Selain memiliki manfaat yang banyak, tanaman herbal ini juga banyak kita jumpai dilikungan sekitar. Jika kita mencarinya di pasar pun, harga yang ditawarkan tidak begitu mahal.
 
Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari minuman herbal ini seperti dapat melancarkan siklus buang air besar (BAB), manambah stamina, mengatasi nyeri saat haid, mendetox tubuh, mencegah virus hingga mampu membuat wajah berseri. Pada saat covid-19 lalu, tanaman herbal ini dipercaya dapat mencegah virus karena dengan meminum tanaman herbal ini tidak akan meninggalkan efek samping jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia lainnya.
 
Inilah beberapa tanaman herbal yang baik dikonsumsi setiap pagi :
 
1. Kunyit
Kunyit mengandung curcumin yang bermanfaat sebagai antivirus, anti peradangan, anti jamur dan anti oksidan.
 
2. Jahe
Jahe memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi dan anti virus sehingga bermanfaat sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.
 
3. Kencur
Kencur sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional, salah satunya dapat mengatasi batuk.
 
4. Lengkuas
Lengkuas memiliki manfaat untuk menurunkan risiko kanker, membantu melindungi tubuh dari infeksi yang berbahaya, melawan radang dan sebagainya.
 
Berikut ini resep minuman penambah imun yakni:
Bahan-Bahannya: 1 buah lengkuah, 1 buah jeruk nipis, 1 buah kunyit, dan 300 ml air.
 
Cara membuat: 
Bersihkan terlebih dahulu bahan-bahan yang sudah disiapkan, lalu ditiriskan. Setelah itu, iris lengkuas dan kunyit. Kemudian rebus air 300 ml. Jika air rebusan mendidih, tuangkan kedalam gelas yang berisi bahan-bahan yang diiris. Tunggu beberapa menit, peraskan jeruk nipis. Minuman herbal siap disajikan.



Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top