Musi Online | Tengkiang, Lumbung Padi Masyarakat Semende
HD
Home        Berita        Ruang Seni Budaya

Tengkiang, Lumbung Padi Masyarakat Semende

Musi Online
https://musionline.co.id 02 August 2021 @09:59 227 x dibaca
Tengkiang, Lumbung Padi Masyarakat Semende

Musionline.co.id - Di masyarakat Semende, tempat menyimpan padi setelah dipanen atau biasa disebut lumbung padi, dalam masyarakat Semende disebut Tengkiang.

Masyarakat Semende hidup dijajaran bukit barisan terletak di Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), sekitar empat jam jalan darat dari Ibu Kota Muaraenim.

Masyarakat semende hampir 100 persen menyandarkan kehidupannya dengan bercocok tanam dari hasil pertanian, seperti kopi dan padi.

Biasanya, untuk bercocok tanam padi, setiap keluarga memiliki setidaknya satu hektar sawah dan satu Tengkiang. Jika lumbung padi kebanyakan terletak di sekitar halaman/pekarangan rumah, maka bagi masyarakat Semende, Tengkiang didirikan atau berada di tiap Sawah.

Tengkiang ini akan dipenuhi padi yang masih bertangkai dengan kadar air sesuai dan akan disimpan hingga menjelang panen padi berikutnya.

Biasanya, lantai Tengkiang dibuat dari susunan bambu. Fungsinya, agar padi yang disimpan cepat mengering dan tidak dimakan kutu serta busuk, sehingga bisa bertahan hingga tahunan. (***)



Tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



0 Komentar

Sumsel Maju
Maroko
Top